Beranda
Otomotif
Cara memperbaiki mesin diesel yang sulit dihidupkan
Desember 08, 2021

Cara memperbaiki mesin diesel yang sulit dihidupkan

Untuk memperbaiki mesin diesel yang sulit dihidupkan, kita perlu melihat bagian-bagian mesin diesel yang dapat mengalami masalah yang membuat diesel awal yang sulit saat start engine, yang terpenting kita tidak merasa panik dan bingung saat menghadapi masalah tersebut karena hanya dengan tenang kita pasti bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan baik dan benar.

Sebelum benar-benar membongkar semua bagian mesin diesel, Anda harus mencoba menganalisis sejarah atau riwayat penggunaan mesin diesel.

Sehingga kami dapat memperbaiki masalah yang ada dengan cepat dan tepat, tidak memakan waktu lama dan Anda dapat segera memeriksa komponen yang dicurigai bermasalah.

Jika mesin diesel sulit dihidupkan, ada beberapa bagian/komponen mesin diesel yang perlu diperiksa.

cara-memperbaiki-mesin-diesel-susah-hidup
cara-memperbaiki-mesin-diesel-susah-hidup

Berikut adalah beberapa langkah yang perlu kita ikuti untuk memperbaiki mesin diesel yang sulit dihidupkan, yaitu:

1. Periksa kondisi bahan bakar

Sebelum membongkar bagian lain, Anda harus terlebih dahulu memeriksa tangki bahan bakar solar atau volume bahan bakar telah berkurang dan perlu diisi ulang.

Selanjutnya periksa tekanan bahan bakar, apakah ada penyumbatan yang mempengaruhi suplai bahan bakar ke chamber.

2. Periksa sistem kompresi mesin diesel anda

Hal paling sederhana yang bisa kita lakukan adalah dengan memutar mesin diesel secara perlahan kemudian lepaskan tuas choke sambil melepaskan putaran poros engkol

Jika dalam hal ini motor selalu berjalan tanpa umpan balik tekanan mesin, jadi bisa dipastikan jika kompresi sistem telah hilang.

Jika hal ini terjadi maka yang perlu kita lakukan adalah membongkar cop cylinder kemudian mengecek kondisi valve, jika valve rusak ganti valve dengan yang baru, kemudian pasang valve dengan batu ampelas agar posisi valve dan cop sudah benar silinder.

Jika mesin dalam posisi darurat, sebelum melepasnya, coba langkah berikut yaitu ambil sedikit oli mesin lalu masukkan ke kepala silinder melalui saringan udara, lalu putar terus menerus sampai ada tekanan kompresi, biasanya ya.

Akumulasi kotoran yang menempel pada valve akan dilewatkan melalui lubang discharge untuk kompresi besar lagi.

3. Periksa bospom dan injektor

Bagian ini adalah bagian untuk mendorong dan mensuplai solar ke ruang bakar, jika macet/rusak maka mesin diesel akan sulit dihidupkan.

Periksa bagian dalam mesin, lihat kondisi ring piston dan bushing/silinder, jika ring piston aus maka kompresi akan rendah, sehingga mesin diesel sulit dihidupkan.

Memperbaiki mesin diesel sangat mudah setelah kita memiliki pemahaman yang baik tentang sistem atau operasi mesin diesel dan komponennya, dan tidak kalah pentingnya, perawatan rutin dan penggunaan mesin diesel dengan benar.

Terkadang ada hal-hal kecil yang bisa membuat mesin sulit untuk dihidupkan, seperti salah memasukkan bahan bakar, atau pengisian bahan bakar yang lama, yang menghambat pengiriman bahan bakar dan melambat, hal ini menyebabkan medan dingin atau selang bahan bakar mati ke udara membuat bahan bakar tidak bisa mengalir dengan lancar, jika ini terjadi kendorkan saja baut di ujung selang solar menuju bospom, biarkan oli solar keluar sedikit untuk membuang udara yang masuk, lalu kencangkan bautnya, mesin diesel siap untuk memulai.

Oleh karena itu, sebaiknya periksa kondisi bahan bakar mesin setiap kali hendak menghidupkan mesin, bila sudah berkurang, isilah tangki bahan bakar mesin diesel.

Untuk beberapa jenis mesin diesel, beberapa memiliki ciri bahwa jika proses start terlalu lambat, mesin akan sulit untuk dihidupkan.

Oleh karena itu, untuk melakukan proses start-up, posisi bodi harus berada pada posisi platform bertenaga tinggi yang benar untuk menghidupkan mesin dengan mudah dan aman.

Dari beberapa uraian saya di atas, dapat disimpulkan bahwa itu sebenarnya perawatan rutin dan kami menggunakan mesin dengan semangat keakraban.

Saya yakin tidak akan ada masalah besar dengan performa mesin diesel dan selama kita mau mencobanya tidak sulit untuk memperbaikinya, kita bisa belajar bagaimana cara memperbaiki masalah diesel seperti yang pernah kita temui.

Sekian dulu artikel Cara memperbaiki mesin diesel yang sulit dihidupkan, semoga bermanfaat.