Cara Memperbaiki Injector Mesin Diesel

Desember 04, 2021

Injector mesin diesel terkadang bermasalah. Oleh karena itu, ada berbagai cara untuk memperbaiki injektor diesel.

Jadi bagaimana Anda memperbaiki injektor diesel? Pada mesin diesel, injektor sangat penting karena berfungsi sebagai bentuk kabut bahan bakar.

Jika tekanan mulai turun, akibatnya adalah penggunaan jangka panjang, karena hal ini dapat membuat mesin sulit untuk dihidupkan dan mempengaruhi kinerja mesin yang kurang optimal.

Perlu penyetelan di bagian nozzle agar tekanan bisa kembali normal. Regulasi tekanan nosel dipatenkan oleh pabrikan.

Namun, ada beberapa cara untuk memperbaiki nosel mesin diesel.

Pada artikel berikut kita akan belajar bersama cara memperbaiki injektor mesin diesel umum, terutama yang tidak memiliki baut yang dapat disesuaikan.

cara-memperbaiki-injector-mesin-diesel
cara-memperbaiki-injector-mesin-diesel

Nozzle adalah salah satu komponen penting dari mesin diesel. Hal ini dikarenakan injektor berperan mengatur tekanan dan menginjeksikan solar dari bospor ke ruang bakar mesin.

Jika injeksi mesin diesel ke dalam ruang bakar kurang baik atau tidak dapat mengembun, maka mesin diesel akan sulit dihidupkan karena solar yang tidak mengembun akan sulit terbakar akibat udara panas dari proses kompresi mesin diesel.

Hasilnya, injektor mesin diesel dapat mengatur tekanan diesel sesuai dengan standar masing-masing mesin diesel.

Jika tekanan injektor tidak cukup tinggi, kencangkan baut, sesuaikan injektor hingga mencapai tekanan diesel yang diinginkan.

Di sisi lain, ketika tekanan nozzle terasa terlalu tinggi, unit baut di belakang nozzle terlepas.

Sedangkan injector diesel Kubota dan Yanmar untuk penggeraknya menggunakan annular nozzle yang bisa diatur ketebalannya minimal sehingga tekanan solarnya sama di bawah mesin diesel standar.

Ukuran injektor mesin diesel bervariasi tergantung pada model dan jenis mesin diesel.

Untuk ukuran mesin diesel 78,5 HP hanya memiliki dua lubang nozzle yang menghasilkan kabut diesel.

Sedangkan dari 10hp ke atas, injektor memiliki lubang untuk memasukkan bahan bakar ke ruang bakar untuk menghidupkan mesin diesel, sehingga injektor diesel tidak mudah hancur.

Agar injektor mesin diesel tidak cepat rusak makanya salah satunya membersihkan/mengganti filter solar di tangki bahan bakar, karena jika solar yang masuk ke injektor kotor maka kotoran akan menutupi nozzle.

Lubang dan nozel yang panas mudah menyebabkan penyumbatan dan keausan pada injektor mesin diesel, maka untuk perawatan di luar mesin diesel harus dibersihkan, buka injektor secara berkala dan bersihkan dengan minyak solar agar kotoran yang menempel pada injektor hilang.

Jika injektor mesin diesel tersumbat, ketika mesin diesel hidup, mengeluarkan asap pembakaran yang tidak normal, biasanya asap yang keluar dari pipa knalpot berwarna putih, kadang-kadang disertai dengan hitam pekat, kemudian suara mesin diesel terputus-putus. dan pengurangan kapasitas produksi.

Agar mesin diesel dapat membangun kinerjanya kita harus tahu bagaimana cara merawat setiap bagian dan bagaimana menganalisis kegagalan sehingga kita harus belajar dan berani mencoba untuk memecahkan masalah yang timbul pada mesin diesel kita.

Selain tekanan bahan bakar yang bising, penurunan alami pada injektor dapat disebabkan oleh sulitnya menghidupkan mesin.

Jika berhasil dihidupkan, mesin tidak akan lagi memiliki daya dan tidak akan mati lagi dengan sendirinya.

Oleh karena itu perlu untuk memeriksa tekanan injeksi pada tingkat injektor diesel.

Berikut cara memperbaiki injector diesel:

Lepaskan selang dari saluran bahan bakar

selang HPP yang menghubungkan rumah jet dan pompa bosch (pompa bahan bakar).

Lepaskan penutup jet dari kepala silinder

Dengan membuka flens depan, kemudian bongkar badan nozzle sampai semua komponen di dalamnya terlepas.

Siapkan sim (piring tipis)

Bentuk lingkaran dengan lubang di tengahnya (seperti cincin) dengan diameter tergantung pada posisi pegas di tubuh keran.

Sims yang sudah dibuat diletakkan di dasar kran pegas. Kemudian buat ulang semua permukaan yang dilepas sebelumnya Sebelum memasang kembali badan nozel, perlu untuk menguji tekanan injeksi yang dicapai.

Jika lemah, ganti SIM card sampai tekanan maksimal, setelah menekan nozzle sesuai peruntukan, ganti rumah nozzle dan tabung HPP.

Kemudian coba start diesel.

Demikianlah ulasan tentang cara memperbaiki injektor diesel. Semoga bermanfaat.