Beranda
Bisnis
5 Peluang Bisnis di Tahun 2022 dengan Potensi Keuntungan Puluhan Juta
Desember 01, 2021

5 Peluang Bisnis di Tahun 2022 dengan Potensi Keuntungan Puluhan Juta

Luar biasa, waktu berlalu begitu cepat hingga akhir tahun. Bagaimana dengan resolusi Anda di tahun mendatang, khususnya dalam bisnis?

Sudahkah Kamu mengidentifikasi peluang bisnis 2022 yang ingin Kamu capai? Tidak perlu takut karena saat ini banyak sekali orang yang berniat menjadi pengusaha, karena asalkan terus maju dan memiliki niat yang sungguh-sungguh pasti akan berhasil.

Tapi tentu saja, pertama-tama Kamu perlu tahu apa yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan untung. Apa saja peluang bisnis yang menjanjikan untuk tahun 2022?

Seperti yang Kamu ketahui, pandemi COVID19 berdampak besar tidak hanya pada kesehatan tetapi juga ekonomi.

Apalagi hal ini dirasakan oleh semua negara, tidak hanya Indonesia. Ini juga salah satu alasan mengapa banyak orang saat ini yang ingin menjadi pengusaha, mereka yang harus meninggalkan pekerjaan lamanya, harus mencari cara untuk menghidupi diri sendiri untuk bertahan hidup, termasuk membuka usaha baru.

Namun di balik perjalanan yang menyedihkan ini, tahukah Kamu bahwa mereka pada akhirnya bisa menjadi "bos" dari bisnis mereka sendiri. Mereka dapat menetapkan strategi bisnis mereka sendiri, menangani masalah dan pasang surut lainnya yang dapat membawa mereka menuju kesuksesan. Apakah Kamu juga ingin seperti mereka? Tentu saja Kamu harus!.


peluang-bisnis-dengan-untung-puluhan-juta
peluang-bisnis-dengan-untung-puluhan-juta


Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang peluang yang bisa menguntungkan Kamu di tahun 2022.

Do It Yourself

Anda mungkin sering melihat istilah “Do It Yourself” atau DIY di Internet, biasanya berarti media atau informasi tentang sesuatu yang Kamu buat sendiri.

Misalnya, sebagai item unik dan imut, Kamu dapat membuatnya dengan item yang tidak digunakan atau item baru yang Kamu dekorasi ulang.

Ya, ini buatan sendiri! Selain barang-barang dekorasi, kamu juga dapat membuat dekorasi unik seperti ulang tahun, pertunangan, baby shower, dan banyak lagi.

Nah, Kamu tinggal membuat beberapa paket yang sesuai dengan kebutuhan pembeli. Misalnya, untuk paket peringatan yang akan dibutuhkan pembeli nanti, tambahkan aksesori seperti topi ulang tahun, lilin, pisau kue plastik, dan lainnya. Tentu harga perlu disesuaikan.

Di sini Kamu sangat membutuhkan kreativitas dan keterampilan mendekorasi. Untuk inspirasi, Kamu bisa mencari di Internet seperti Youtube.

Jasa Cuci Kiloan (Laundry)

Setelah kembali beraktivitas seperti biasa selama masa pembatasan sosial di Indonesia, masyarakat kini mulai kembali bekerja atau kuliah. Orang yang sibuk tentu memiliki waktu yang sangat sedikit, apalagi jika harus mencuci pakaian di rumah.

Inilah yang bisa Kamu ubah menjadi ladang penghasilan! Peluang bisnis ini membutuhkan modal yang kecil. Karena Kamu hanya membutuhkan 12 mesin cuci besar, setrika, deterjen, dan parfum lainnya saat memulai bisnis laundry.

Selain itu, biaya perbaikan dalam bisnis ini tidak besar. Misalnya dalam hal mesin cuci dan setrika, kamu bisa menyisihkan sejumlah uang agar jika ada kerusakan akibat pemakaian sehari-hari bisa cepat diperbaiki karena Kamu punya budget sendiri.

Jika bisnis laundry Kamu berkembang, Kamu dapat mulai mempekerjakan 12 karyawan untuk membantu menjalankan bisnis tersebut. Sebagai langkah awal, Kamu juga bisa mencoba salah satu partner dari brand laundry ternama di Indonesia.

Bisnis Makanan

Jika melihat lokasi yang sangat strategis pasti sering melihat kuliner jajanan di sepanjang jalan. Inilah sebabnya mengapa dari tahun ke tahun bisnis kuliner tidak pernah sendirian.

Hal ini dikarenakan manusia membutuhkan makan dan minum untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Untuk memulai bisnis katering untuk pemula, pertama-tama harus mengetahui target pasar bisnis.

Misalnya, jika Kamu ingin mencoba menjual menu khas Korea , tentu pasar yang Kamu tuju akan diutamakan bagi mereka yang mengetahui kebiasaan orang Korea. Selebihnya, orang akan membeli karena penasaran, dan jika cocok, mereka akan kembali menjadi pelanggan.

Tetapi jika Kamu hanya ingin menjual bisnis makanan Indonesia, maka ini pasti yang terbaik, karena orang tidak perlu bertanya pada diri sendiri "makanan apa ini?" Ketika mereka melihat usaha Kamu untuk pertama kalinya.

Bisa dikatakan ini target marketnya, jadi tentukan dulu siapa target market anda agar peluang bisnis di tahun 2022 ini bisa bertahan lama.

Selanjutnya, kamu juga bisa memasarkannya di media online seperti Gofood dan Shopee makanan terkenal. Kedua platform akan menampilkan calon pembeli berdasarkan jarak terdekat mereka.

Jadi, selain membuka toko fisik, Kamu juga perlu memasarkannya secara online agar orang cepat mengetahui apa yang Kamu jual.

Bisnis kecantikan

Jika Kamu bertanya-tanya bisnis mana yang cocok untuk target pasar wanita usia 16-38 tahun, tentu bisnis kecantikan adalah jawabannya.

Kamu dapat melihat bahwa kosmetik dan perawatan kulit meningkat pesat setiap hari, itu karena tren kecantikan wanita berubah setiap tahun dan produk juga harus beradaptasi.

Wanita seringkali merasa kesulitan melihat produk dengan kemasan yang lucu, dan produk yang belum pernah mereka coba, pasti akan mereka beli tanpa disadari.

Inilah yang terjadi dalam tren kecantikan ini dan menjadikannya peluang bisnis yang sangat menjanjikan di tahun 2022. Bahkan sekarang, berbelanja produk kecantikan di Internet semakin mudah.

Mereka hanya perlu melihat review dan, jika bagus, mereka bisa membeli langsung dari marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. Untuk mengetahui cara memulai bisnis kosmetik online tanpa modal, lho! Tidak percaya? Karena Anda bisa menjadi dropshipper atau reseller tanpa harus menimbun.

Namun, Anda perlu menemukan pemasok pertama kali atau yang memiliki reputasi baik. Pasalnya, Anda akan mengambil barang mereka untuk dijual kembali.

Tidak hanya itu, Anda harus mendefinisikan merek dan kualitas produk kecantikan. Pilih merek yang telah mendapat uji lab dan hak edar dari BPOM. Mengapa ini penting? Karena produk-produk tersebut telah dipastikan aman dan tidak menimbulkan efek berbahaya bagi penggunanya di kemudian hari.

Jangan menjual produk abu-abu atau tidak mendaftarkan BPOM karena ini tentu saja akan merusak reputasi toko Anda. Namun, jika Anda ingin memiliki produk sendiri dengan merek yang Anda tentukan, Anda dapat membuatnya seolah-olah Anda menggunakan biaya tata rias. Jadi, selain memiliki toko online, orang juga akan mengetahui produk brand Anda.

Menjadi Influencer atau Youtuber

Nah, kalimat terakhir itu terdengar konyol, tapi siapa sangka menjadi seorang influencer membawa begitu banyak manfaat!. Selain itu, media sosial dan platform lainnya semakin tersebar, sehingga memudahkan siapa saja untuk menjadi influencer.

Channel Youtube, misalnya, telah memiliki banyak yang sukses di industri media ini, Misalnya Ria Ricis atau Atta Halilintar yang dikenal memiliki subscriber terbanyak Se-Asia. Nah, kamu juga bisa seperti Atta dan Youtuber sukses lainnya.

Untuk menjadi Youtuber yang sukses bagi pemula sebenarnya cukup sederhana karena Kamu hanya perlu memposting video setiap hari.

Tapi tentukan dulu topik yang ingin kamu bahas di channel Youtube ini. Misalnya, Masakan yang akan membahas resep masakan Nusantara, Eropa, Korea dan resep masakan lainnya. Atau sebagai seseorang yang membuat DIY mudah di rumah. Jika Kamu mencoba mengunggah video setiap hari, jumlah pelanggan saluran Anda perlahan akan meningkat.

Yang penting sabar, jika nantinya Kamu memiliki banyak pelanggan, Kamu dapat secara bertahap membuka layanan persetujuan yang akan Kamu promosikan melalui saluran Youtube kamu. Jadi hasilkan uang dari iklan di Youtube dan juga uang dari orang yang membayar Kamu untuk sebuah iklan. Gokil!.

Ya, ini adalah peluang Bisnis tahun 2022 dengan hasil yang sangat menjanjikan. Dari yang tidak butuh modal hingga yang bisa menghasilkan jutaan rupiah sebagai influencer.

So.., mana yang akan menjadi pilihan Kamu?