Beranda
Finansial
Cara Bayar Pajak Mobil Online Bagi Pemula Terbaru 2021
Agustus 24, 2021

Cara Bayar Pajak Mobil Online Bagi Pemula Terbaru 2021

 Belakangan ini banyak yang mencari cara bagaimana bayar pajak mobil secara online untuk pemula di tahun 2021. Sebab cara ini sangat mudah tanpa perlu repot datang ke samsat terdekat.

Apabila datang ke samsat tentu kamu harus antre dahulu ketika ingin membayar pajak mobil. Tentu hal ini sangat melelahkan sekali. Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, kini bayar pajak bisa lewat online menggunakan aplikasi.

cara-bayar-pajak-mobil-online
cara-bayar-pajak-mobil-online

Pasti kamu tidak mau kan telat bayar pajak dan berimbas kena denda yang telah di tetapkan oleh pihak kepolisian. Bahkan jika ketahuan tidak bayar pajak saat adanya operasi STNK kamu pasti kena tilang.

Dari pada kena tilang dan mengeluarkan uang untuk membayar denda tilang yang nominalnya lumayan banyak. Mending uang itu bisa di buat belanja saja. Maka dari itu penting sekali membayar pajak kendaraan tepat waktu.

Bahkan denda telat bayar pajak mencapai 25% terhitung dari pajak serta lamanya telat bayar.

Adapun pajak kendaraan bermotor terbagi menjadi dua bagian yaitu satu tahun dan lima tahunan. Terlebih kini kamu bisa bayar pajak mobil tahunan secara online lewat HP sekalipun yang sudah terkoneksi internet.

Namun di setiap daerah punya situs tersendiri untuk cek pajak kendaraan bermotor. Setelah kamu berhasil mengecek biaya keseluruhan bayar pajak melalui e-samsat.

Disana nanti akan terdapat pula masa berlaku surat tanda nomor kendaraan serta besaran biaya yang perlu di keluarkan untuk bayar pajak tahunan. Adapun caranya mengecek cukup input nomor polisi saja.

Bahkan informasi lengkap yang di tampilkan bukan hanya masa berlaku STNK melainkan besaran denda telat bayar juga akan tertera.

Sebagaimana yang telah di ketahui membayar pajak sangatlah wajib bagi setiap pemilik kendaraan bermotor. Adapun pajak itu nanti akan di gunakan oleh pemerintah untuk tujuan pembangunan negara.

Dengan begitu sangat tidak di rekomendasikan untuk kamu telat bayar pajak kendaraan bermotor.

Cara Bayar Pajak Mobil Online Melalui Aplikasi Samsat Online Nasional

Adapun langkah-langkah yang bisa kamu lakukan ketika ingin bayar pajak kendaraan bermotor khusunya mobil lewat online sebagai berikut :

1.    Buka dahulu PlayStore dan cari aplikasi Samsat Online Nasional kemudian kamu download serta instal di smartphone.

2.    lalu, buka aplikasinya.

3.    Pilihlah menu pendaftaran.

4.    Lalu setujui kesepakatan tentang Terms and Conditions.

5.    Isi data yang di perlukan, mulai dari NRKB Polisi, Nomor Ponsel kamu, Nomor KTP hingga alamat email yang aktif.

6.    Klik lanjutkan.

7.    Nanti akan muncul informasi pajak kendaraanmu, lengkap dengan kode pembayaran.

8.    Pilihlah setujui untuk melanjutkan ke proses pembayaran.

9.    Jangan lupa salin kode bayar.

10. Lalu kamu bisa datangi minimarket terdekat dan sertakan kode bayar untuk melunasi sejumlah uang yang di tentukan.

11. Setelah berhasil membayar kamu dapat struk bukti pembayaran.

12. Kemudian datangi Polres terdekat untuk cetak lembaran pajak kendaraan bermotor dengan menyertakan tanda bukti pelunasan pembayaran.

Dengan adanya bayar pajak mobil online sangat memudahkan kamu yang cukup sibuk. Mengingat terobosan ini adalah salah satu langkah untuk memudahkan setiap pemilik kendaraan bermotor bayar pajak kendaraan.

Selain praktis dan mudah, cara ini juga untuk hindari pencaloan.

Sehingga kini tidak ada alasan lagi untuk kamu telat bayar pajak kendaraan bermotor. Sebab ada sanksi yang berlaku yaitu denda sebesar 25 persen dari keseluruhan nominal pajak pertahun.

Kabarnya nelat sebulan sama saja di hitung setahun. Jadi upayakan kamu bayar pajak mobil online agar semakin mudah dan praktis tanpa perlu repot datang ke samsat terdekat di saat sedang sibuk.