Beranda
Otomotif
Cara memperbaiki mesin diesel asap putih
Desember 08, 2021

Cara memperbaiki mesin diesel asap putih

Cara memperbaiki mesin diesel asap putih harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan harus mengetahui karakteristik mesin diesel terlebih dahulu.

Seringkali dilapangan kita melihat mesin diesel mengalami masalah starting dan saat start mesin asap putih tebal tidak mau hilang, namun ada juga mesin yang mengeluarkan asap hitam terlebih dahulu.

Jika ini terjadi selama beberapa detik, seharusnya tidak menjadi masalah.

Untuk mesin diesel khususnya solar, usahakan jangan sampai kehabisan bahan bakar di dalam tangki karena hal ini akan mempersulit untuk menghidupkan mesin dan jika filter solar rusak dapat menumpuk kotoran di dalam tangki, bahan bakar akan hanyut ke injektor, sehingga menghambat proses terjadinya kabut di ruang bakar dan menyulitkan untuk menghidupkan mesin diesel dan asap hitam akan keluar.

Mesin diesel tidak hanya dapat menyerap asap putih, tetapi juga seringkali mesin diesel mengandung bensin.

cara-memperbaiki-mesin-diesel-asap-putih
cara-memperbaiki-mesin-diesel-asap-putih

Beberapa faktor penyebab mesin Diesel mengeluarkan asap hitam yaitu jika pipa knalpot mengeluarkan asap hitam pekat secara terus menerus maka pipa knalpot bisa tersumbat oleh kotoran sisa pembakaran yang diakibatkan saat mesin Diesel hidup.

Hidupkan mesin masih menggunakan rpm rendah , jika ini terjadi cobalah untuk menghidupkan mesin pada rpm tinggi untuk sementara waktu dan jika masalah berlanjut Anda perlu membuka knalpot dan membersihkan kotoran darinya.

Jika piston pada handle dan injector aus karena fogging yang tidak mencukupi dan juga karena kotoran yang terbawa oleh solar yang menyertainya, juga akan menyebabkan mesin diesel mati dan keluar asap hitam.

Solusinya adalah dengan mengganti nozzle yang rusak kemudian mengukur tekanan minyak dan gas yang keluar saat berkabut.

Mesin diesel mengeluarkan asap hitam terus menerus, yang juga dapat disebabkan oleh sistem kompresi yang bocor, serta sisa pembakaran yang banyak pada kepala silinder dan pada katup/katup, jika hal ini terjadi akan merusak produk mesin.

Kepala silinder harus dibuka lalu bersihkan semua kotoran yang menempel dan jangan lupa putar kembali klep/valve dengan alat untuk mendapatkan kompresi yang besar kembali.

Untuk pemasangan kepala silinder, pastikan untuk mengganti paking/pack dengan yang baru.

Untuk memperbaiki mesin diesel asap putih perlu dilakukan beberapa langkah, antara lain:

Periksa mesin Bospom dan mengukur tekanan diesel karena jika pegas distribusi rusak atau rusak Korosi akan mengurangi tekanan yang dibuat selama proses pengkabutan.

Periksa piston diesel dan ring ring dari kerusakan atau keausan yang juga menyebabkan oli masuk ke ruang bakar, sehingga akan mengeluarkan asap putih.

Demikian ulasan cara memperbaiki mesin diesel asap putih, semoga bermanfaat.