Cara Memperbaiki Karburator Motor Cepat Dan Efisien

Desember 06, 2021

Dalam sistem operasi sepeda motor, kita tahu bahwa ada banyak bagian yang saling terkait untuk menjaga agar sepeda motor tetap berjalan dengan baik.

Salah satu komponen terpenting keberadaannya tentu saja mesin. Mesin itu sendiri pada mesin terdiri dari banyak komponen lain yang akan dapat berfungsi jika ada campuran udara dan bahan bakar.

Disinilah campuran udara dan bahan bakar diakui bukan campuran sembarangan, tetapi komposisi takarannya sudah disesuaikan.

Untuk kelancaran pembakaran di ruang bakar, kita semua tahu bahwa ada komponen yang disebut karburator yang akan memastikan campuran bahan bakar dan udara memiliki komposisi yang tepat dan benar.

Dengan cara ini, penyetelan karburator mesin tentu akan sangat penting.

Dengan menyetel karburator sepeda motor dengan baik dan benar, akan dapat dipastikan bahwa mesin memiliki tenaga yang maksimal dan juga dapat mengkonsumsi bahan bakar dengan lebih efisien.

Cara menyetel karburator sepeda motor

Penyetelan karburator hanya berlaku untuk karburator biasanya, karena kebanyakan sepeda motor sekarang menggunakan karburator.

Tipe baru akan beroperasi menggunakan sistem vakum. Fitur Penyetelan Karburator Sepeda Motor Biasanya, penyetelan karburator sepeda motor akan selalu dilakukan oleh mekanik setelah membersihkan karburator sepeda motor.

Namun jika Anda merasa ada yang tidak beres dalam pengoperasian mesin karburator saat menggunakannya, tentunya Anda harus segera memperbaikinya.

Dan seringkali ketika mesin karburator tidak bekerja secara optimal, akan ditampilkan dengan beberapa karakteristik.

Di sinilah perlu penyesuaian beberapa karakteristik mesin karburator yang juga cukup beragam.

cara-memperbaiki-karburator-motor
cara-memperbaiki-karburator-motor

Namun, untuk memudahkan Anda memahami kondisi karburator yang baik, berikut adalah ciri-ciri mesin karburator yang perlu disesuaikan.

Mesin Brebet Low RPM

Salah satu ciri karburator sepeda motor yang perlu disetel ulang adalah saat mesin bergetar saat di RPM rendah.

Hal ini biasanya terjadi karena salah setting udara pada karburator, yang bisa jadi plus minus.

Mesin Susah Start

Busi motor memang sering menjadi penyebab mesin susah distarter.

Namun, ternyata menghidupkan mesin tidak selalu sulit karena busi.

Karena tidak menutup kemungkinan juga karburator mesin mengalami penurunan performa.

Busi Motor Basah Selanjutnya, karakteristik karburator sepeda motor yang perlu Anda reset karena tidak memberikan performa yang maksimal adalah busi sepeda motor basah.

Busi basah biasanya disebabkan karburator banjir, yang terjadi karena karburator mesin rusak dan perlu diganti.

Tenaga mesin berkurang Sedangkan ciri terakhir adalah tenaga mesin berkurang.

Ciri terakhir ini sering dirasakan oleh para pengguna sepeda motor ketika karburator sepeda motornya mengalami malfungsi.

Dan ini biasanya terjadi karena suplai udara ke karburator tidak lancar akibat adanya kotoran. Jadi tolong bersihkan kotorannya.

Namun bagi Anda yang belum terbiasa, bisa jadi sulit karena Anda harus menyesuaikan jumlah udara yang dibutuhkan di dalam karburator agar adil.

Tentang itu, kita bisa melakukannya sendiri. Karena untuk menyetel karburator mesin itu sendiri, dukungan disediakan.

Braket tersebut berupa dua buah sekrup karburator yaitu sekrup pengatur udara dan sekrup pengatur udara.

Kedua sekrup ini juga mudah dijangkau karena dirancang khusus untuk penyetelan karburator.

Pengoperasian throttle screw dilakukan dengan cara menekan lubang angin yang terletak di dalam karburator dengan permukaan yang miring.

Dengan cara ini, ketika kita mengencangkan posisi sekrup, maka secara otomatis akan mendorong katup gas yang akhirnya akan mengembang.

Selama waktu ini, jika kita memutar ke arah yang berlawanan, katup akan menutup.

Sementara itu, sekrup penyetel gas juga memiliki sistem atau cara kerja yang tidak jauh berbeda dengan pengoperasian sekrup penyetel gas.

Posisi sekrup pengatur udara ini akan bekerja dengan menutup saluran tanpa beban.

Saat sekrup dikencangkan, alur idle pada karburator akan tertutup dan lebih sedikit udara yang masuk.

Dalam praktiknya, operasi penyetelan karburator cukup sederhana karena cukup memutar sekrup yang disediakan secara terpisah untuk penyetelan karburator.

Namun, jika diatur secara tidak benar, hasil akhirnya tidak akan bagus.

Siapkan obeng

Langkah pertama yang harus dilakukan saat ingin mengikuti tuning karburator motor ini adalah menyiapkan obeng min (-).

Mengapa saya membutuhkan obeng? karena pada umumnya penyetelan karburator pada sepeda motor dilakukan dengan baut min, untuk memudahkan penyetelan anda hanya perlu menyiapkan obeng min.

Nyalakan mesin

Setelah menyiapkan obeng, langkah selanjutnya adalah menstarter mesin sepeda motor.

Tentunya hal ini harus dilakukan karena penyetelan karburator mesin yang baik dan benar harus pada kondisi atau posisi mesin hidup.

Putar sekrup pengatur throttle

Jika mesin sudah dalam posisi hidup, silakan pegang atau tahan obeng terkecil dan putar sekrup pengatur throttle ke kanan atau searah jarum jam untuk membuka katup throttle dan putaran mesin akan lebih tinggi.

Lakukan secara perlahan karena saat Anda memutar sekrup gas, mesin biasanya berputar lebih cepat. Dan jangan sekrup terlalu jauh.

Anda hanya bisa bermain setengah sampai 2 putaran. Tutup sekrup penyetel udara Saat putaran mesin telah mencapai kecepatan tinggi atau minimal di atas 1500 rpm.

Harap tutup sekrup pengatur angin dengan memutarnya searah jarum jam.

Saat Anda memutar sekrup pengatur udara, putaran mesin berkurang dan putaran mesin juga terasa berat karena berkurangnya udara masuk.