Beranda
Bisnis
8 Trend Bisnis yang Diminati Anak Muda di Tahun 2022
Desember 01, 2021

8 Trend Bisnis yang Diminati Anak Muda di Tahun 2022

Trend Bisnis yang Diminati Anak Muda di Tahun 2022, Tidak hanya bidang fashion saja yang selalu mengalami trend setiap tahunnya. Bidang ekonomi terutama dalam bisnis dan usaha pun mengalami trend dan juga prosepek yang menjanjikan.

Anak-anak muda sebagai generasi penerus bangsa pun mulai tertarik dengan perkembangan bisnis di masa kini. Karenanya, sangat wajar apabila saat ini banyak bermunculan trend bisnis yang unik dan menarik terutama produk yang disukai para generasi milineal.

Omset yang ditawarkan pun begitu menjanjikan, sehingga sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan pengusaha di negeri ini.

Para pengusaha muda tersebut hadir dengan membawa warna baru sehingga mampu menciptakan kreativitas yang dapat diterima oleh para generasi milenial.

Namun, bukan berarti pula jalan mereka selalu “mulus”, tetap saja setiap orang berwirausaha mengalami persaingan yang memang harus dihadapi.


8-trend-bisnis-anak-muda
8-trend-bisnis-anak-muda

Para pakar ekonomi pun menilai, trend bisnis dikalangan anak muda ini semakin lama akan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman.

Beberapa trend bisnis tersebut akan dibahas pada pembahasan berikut ini. Sehingga bagi Anda yang memang sedang mencari ide untuk mengembangkan bisnis yang dapat diterima oleh anak muda akan mudah untuk mengikutinya.

Lalu, seperti apakah trend bisnis yang sedang diminati tersebut? Berikut ulasannya! Macam-Macam Trend Bisnis yang Diminati Anak Muda Jaman Sekarang

Trend Bisnis Jasa Internet Marketing

Marakanya penggunaan bisnis online di Indonesia menjadi peluang bisnis tersendiri bagi seseorang yang mahir di bidang internet marketing.

Pasalnya, saat ini bisnis online tengah menjadi trend bisnis tersendiri di kalangan anak muda. Banyak bermunculan para pengusaha baru yang memang dimulai dari menyebarkan informasi lewat sosial media.
Rupanya, bisnis yang disebar lewat sosial media saja tidak cukup karena diperlukan tim-tim khusus untuk bisa melejitkan bisnis tersebut.

Contohnya saja, diperlukan seorang content creator untuk mengonsep akun media sosial, visual designer, copywriter, dan juga seseorang yang bisa melejitkan akun bisnis lewat instagram atau facebook ads.

Posisi tersebut tidak semua orang bisa melakukannya. Oleh karena itu, jika Anda seseorang yang ahli dalam hal melejitkan media sosial maka peluang di atas bisa dijadikan lahan bisnis.

Biasanya klien yang membutuhkan jasa internet marketing tersebut adalah perusahaan untuk mempromosikan produknya atau public figure agar bisa dikenal masyarakat luas.

Bisnis Tour dan Travel

Bagi Anda yang hobi jalan-jalan atau traveling pun bisa dijadikan sebuah bisnis yang menjanjikan. Pasalnya tour dan travel ini sedang menjadi trend tersendiri dikalangan anak muda.

Banyaknya turis asing maupun domestik, menjadikan kesempatan untuk bisa membantu mereka mewujudkan impiannya untuk berkunjung ke tempat yang mereka sukai.
Untuk membuka bisnis ini, tentunya harus memiliki jaringan yang cukup kuat mulai dari tempat penginapan, transportasi, destinasi wisata, dan lain sebagainya.

Untuk lebih mudah menawarkan paket wisata dengan kapasitas banyak, Anda bisa memulainya dengan mendatangi sekolah, perusahaan, atau instansi yang biasanya memerlukan hal tersebut.

Bisnis Coffe Shop

Anak muda jaman dahulu hingga kini pasti memiliki tempat nongkrong untuk bisa bertemu dengan teman-temannya. Biasanya mereka lebih memilih warung kopi yang memang produk yang dijual tidak terlalu mahal.

Seiring dengan berjalannya waktu, warung kopi tersebut bertransformasi menjadi coffe shop yang menarik dan juga nyaman. Biasanya yang membedakan tersebut adalah dari tempat, penyajian kopi, dan juga fasilitas.
Oleh karena itulah, coffe shop tersebut menjadi trend bisnis jaman sekarang yang memang sangat menjanjikan. Selain bisa digunakan untuk tempat nongkrong, di coffe shop tersebut biasanya terdapat wifi untuk bisa terkoneksi dengan internet.

Selain wifi, tempat coffe shop pun dibuat dengan semenarik mungkin sehingga para pengunjung betah untuk berlama-lama di sana.

Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner atau makanan pun menjadi sebuah bisnis yang trend di jaman sekarang. Banyak anak-anak muda sekarang yang memang berkreasi dengan makanan sehingga membuat orang-orang penasaran.

Uniknya, makanan yang menjaid trend tersebut adalah perpaduan makanan zaman dahulu yang dikemas lebih menarik dan citra rasa kekinian.

Contohnya saja, makanan keripik singkong yang beberapa tahun kebelakang melejit dikarenakan varian rasa pedasnya membuat orang penasaran.

Selain memunculkan kembali makanan terdahulu, bisnis kuliner tersebut menjadi trend dikarenakan pemberian namanya yang unik. Contohnya seperti mie setan, mie merapi, steak ranjang, dan lain sebagainya.

Untuk bisa memasarkan pmakanan tersebut sangatlah mudah karena bisa menggunakan media sosial. Selain media sosial pemasaran kuliner saat ini begitu unik dengan mengunakan food truck.

Food truck merupakan mobil truck yang dimodifikasi untuk bisa memasarkan kuliner. Sehingga tempat yang dituju pun bisa berubah-ubah tergantung sebuah event atau permintaan dari para penggemar makanan tersebut.

Trend bisnis kuliner ini diperkirakan akan terus berkembang seiring dengan kreatifitas anak muda di jaman sekarang.

Software Developer

Bagi Anda yang memiliki bakat dalam ilmu programming berbahagialah karena hal tersebut bisa dijadikan sebagai lahan bisnis.

Banyaknya perusahaan dan instansi yang memerlukan bantuan para developer untuk pembuatan website, programing, dan lain sebagainya membuat bisnis ini menjadi trend dikalangan anak muda.

Bisnis ini tergolong baru karena memang disesuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini. Sehingga para pelaku dari bisnis tersebut adalah anak muda yang memang senang di dunia tersebut.

Untuk memulai bisnis tersebut, Anda bisa membuat portofolio terlebih dahulu dengan menampilkan keahlian dan juga karya yang pernah Anda lakukan. Bisa pula dengan mempromosiikan diri lewat sosial media sehingga besar kemungkinan untuk bisa dikenal ke seluruh Indonesia maupun dunia.6. Desain Grafis

Bagi Anda yang hobi membuat desain terutama desain grafis, berbahagialah karena saat ini sedang menjadi trend bisnis dikalangan anak muda. Bisnis ini adalah jenis bisnis yang mengandalkan kreatifitas.

Banyak perusahaan ataupun instansi yang memerlukan jasa seorang desain grafis untuk membantu memvisualkan produk yangakan diluncurkannya.

Hasil desain tersebut biasanya digunakan untuk promosi sehingga bisa menarik calon konsumen untuk membeli produk tersebut.

Selain itu, seorang desain grafis juga diperlukan untuk membuat sebuah logo ataupun ikon dari sebuah perusahaan. Bisnis tentunya sangat menjanjikan seiring dengan berkembangnya teknologi di zaman modern ini.

Wedding Organizer

Beberapa bulan lalu, sebuah media sosial di Indonesia viral dengan hastag #antiweekendclub. Rupanya hastag tersebut digunakan oleh para team yang tergabung dalan wedding organizer.

Seperti yang diketahui bersama, hari sabtu dan juga minggu selain diisi dengan kegiatan liburan banyak orang yang melakukan kegiatan untuk menghadiri undangan pernikahan.

Tentunya seseorang yang menikah memerlukan team untuk mengatur segala keperluannya dari mulai acara, konsumsi, tamu undangan, hingga perlengkapan untuk pengantin itu sendiri.

Biasanya team yang dimaksud tersebut berada dalam mangaement wedding organizer. Nah, WO tersebut saat ini telngah menjadi trend bisnis seiring dengan banyak permintaan calon pengantin untuk memanage pesta pernikahan tersebut.

Modal utama untuk bisa membuka Wedding organizer tersebut adalah jaringan atau networking. Hal tersebut bisa digunakan untuk membantu calon pengantin menemukan vendor-vendor terbaik untuk pesat pernikahan impiannya.

Selain itu, Anda pun harus memiliki team yang solid agar bisa menjadi wedding organizer yang terpercaya.

Bisnis Fashion

Bisnis fashion pun saat ini ini tengah menjadi trend. Baik fashion untuk anak-anak, wanita, dan juga pria, bisnis ini masih sangat diminati.

Hal tersebut wajar mengingat fashion sendiri adalah sebuah kebutuhan utama dari seseorang layaknya seperti bisnis kuliner.

Jika Anda ingin terjun dalam bisnis ini maka sebelum memulai tentukan terlebih dahulu target marketnya. Mengingat bisnis fashion ini beragam dan agar bisa lebih fokus.

Contohnya saja, bila target Anda seorang wanita berhijab maka barang yang dijual bisa yang berkaitan dengan fashion hijab seperti baju gamis, pashmina, kerudung panjang, tunik, dan lain sebagainya.

Walaupun Anda membuka bisnis fashion, tetap saja harus selalu update terhadap model baju yang sedang trendy setiap tahunnya.

Trend bisnis fashion ini tentunya akan terus meningkat dan menjadi bisnis paling menjanjikan. Untuk pemasarannya pun bisa menggunakan media social atau mengikuti bazar yang dikhususkan untuk fashion.

Konten Keator

Menjadi konten kreator tidak memerlukan banyak modal, dengan keahlian yang dimiliki sudah menjadi modal utama.

Banyak peluang dalam bidang konten kreator, misalnya membuat video undangan digital, video promosi produk, atau membuat vlog dengan channel pribadi.

Selain itu bisa dicoba juga menjadi penulis artikel dalam halaman blog pribadi, selanjutnya promosikan di media sosial atau mwlalui whatsapp grup blogger.

Itulah 8 Trend Bisnis yang Diminati Anak Muda di Tahun 2022, silahkan pilih yang sesuai dengan bakat dan minat kamu.