Beranda
Internet marketing
Manfaatkan WA Bisnis menjadi Toko Online
September 15, 2021

Manfaatkan WA Bisnis menjadi Toko Online

Berjualan online semakin marak sejak terjadinya pandemi covid-19, hal ini disebabkan pembatasan kegiatan sosial kemasyarakatan, tempat perbelanjaan dibatasi jam operasionalnya, bahkan ada yang tutup karena sepinya pembeli.

Tidak hanya itu, karyawan perusahaan banyak yang dirumahkan dengan alasan sepinya permintaan pasar.

Situasi ini bagi yang jeli merupakan peluang bisnis yang bagus.

Pemenuhan kebutuhan pokok seperti sandang dan pangan setiap orang harus tetap tercukupi, tetapi dengan kondisi pandemi kegiatan belanja menjadi terkendala.

Inilah peluang bisnis menguntungkan bila ditekuni dengan serius. 

Bisnis online dapat kita buat dengan berbagai aplikasi toko online yang dapat diinstal di google play store mau pun IOS.

Tetapi tahukah kamu bahwa WhatsApp yang biasa digunakan berkirim pesan dapat dijadikan toko online.

WA-Bisnis-menjadi-toko-online
WA-Bisnis-menjadi-toko-online

WhatsApp (WA) yang dapat dijadikan toko online adalah WhatsApp Bisnis, selain untuk berkirim pesan seperti WhatsApp biasa, dalam WA Bisnis terdapat beberapa fitur yang menunjang dalam pembuatan toko online.

WA Bisnis fiturnya sama saja dengan WA biasa, tapi ada 1 menu tambahan yaitu Fitur bisnis, logo apk nya adalah lingkaran warna hijau dengan huruf B ditengahnya.

Fitur WA Bisnis:

Profil Bisnis

Dalam fitur Profil bisnis, kita dapat mengatur informasi bisnis seperti  alamat, jam kerja serta situs web. Isi informasi bisnis antara lain:
  1. Nama bisnis atau toko online.
  2. Deskripsi bisnis.
  3. Kategori.
  4. Alamat.
  5. Jam kerja.
  6. Alamat email.
  7. Situs web.
fitur bisnis
fitur bisnis

1. Nama Bisnis
Tentukan nama bisnis yang sudah disiapkan, buat dengan nama sesuai keinginan kamu, nama yang sama dengan orang lain tidak masalah, walaupun nama tersebut sudah dipakai.

2.Deskripsi
Isi deskripsi Bisnis sesuai dengan barang atau jasa yang ditawarkan.

kategori
kategori

3. Kategori
Pilih kategori yang disediakan sesuai dengan Bisnis yang akan kita kelola. Disitu diusulkan kategori-kategori antara lain: 
  • Layanan otomotif 
  • Pakaian 
  • Seni & Hiburan 
  • Kecantikan, Kosmetik & Perawatan Diri
  • Pendidikan
  • Event Organizer
  • Keuangan
  • Toko Kelontong
  • Hotel
  • Medis & Kesehatan
  • Organisasi Nirlaba
  • Restoran
  • Belanja & Ritel
Silahkan pilih kategori yang sesuai atau hampir mendekati namanya dengan Bisnis yang dikelola.

alamat
alamat

4. Alamat
Isi alamat Bisnis dengan lengkap, lebih utama sudah didaftarkan di Google Bisnis dan terverifikasi oleh google. Pada menu ini dapat dimasukkan alamat sesuai dengan Google Maps.

jam kerja
jam kerja

5. Jam Kerja
Jam kerja diisi mulai dari hari Minggu sampai Senin, silahkan isi jam kerja yang sudah ditetapkan, bila ada hari libur dapat ditentukan pula disitu.

6. Alamat email
Isi alamat email pribadi yang masih aktif.

7.Situs web
Situs web diisi bila Bisnis kita mempunyai website, selain kelihatan lebih profesional. Website dapat dioptimalkan untuk memajang produk-produk yang akan kita jual.

Katalog

Katalog adalah semacam etalase untuk memajang produk-produk yang akan dijual. Menu ini dapat diisi dengan nama produk, deskripsi, harga serta foto pelengkap.
Selain itu ada tombol tambah ke keranjang untuk memudahkan calon pembeli, tombol ini semakin memperkuat tampilan toko online.

Fitur Perpesanan:

Pesan diluar jam kerja

Fitur ini dapat diatur kata-katanya sesuai kehendak kita, fitur ini bekerja seperti robot otomatis menjawab pesan masuk. Contoh pesan ini adalah: Halo, terima kasih atas pesan Anda. Kami sedang offline, kami akan merespons pesan Anda segera setelah kami kembali.
Cara mengaturnya:
  • Klik menu pesan diluar jam kerja (berlogo gambar payung)
  • Aktifkan tombol kirim pesan diluar jam kerja.
  • Klik tanda pensil untuk mengisi pesan diluar jam kerja, isi dengan kata-kata seperti contoh diatas.
  • Klik jadwal, pilih diluar jam kerja.
  • Klik penerima kirim ke semua orang.
  • Terakhir pilih simpan, menu ini bisa kita ubah sesuai dengan keinginan kita, dan jangan lupa klik simpan bila sudah selesai mengedit.
salam
salam

Salam

Fitur ini berguna untuk menyambut pelanggan baru secara otomatis, bila ada pesan masuk akan otomatis dijawab oleh mesin penjawab yang sudah diatur kata-katanya.
Cara menaktifkan fitur ini adalah:
  • Klik fitur salam.
  • Aktifkan tombol kirim salam (tombol menjadi berwarna hijau).
  • Klik tanda pensil untuk mengatur kata-kata sebagai penjawab salam bagi pelanggan baru. Contoh: Hallo, selamat datang di Toko online kami, ada yang bisa kami bantu?
  • Terakhir klik simpan.

Balas cepat

Fitur ini untuk menggunakan kembali pesan yang sering dikirim. Contohnya no rekening, alamat, terima kasih, dan sebagainya. Sehingga fitur ini memudahkan kita dalam membalas pesan pelanggan. 
Cara mengaktifkan fitur ini adalah:
  • Klik balas cepat (tanda / dalam kotak).
  • Klik tanda +
  • Isi pesan yang sering dikirim.
  • Isi pintasan, menu ini akan otomatis muncul tanda / lalu isi pintasan isi pesan yang sudah dibuat. Contoh /rek untuk no rekening, /tks untuk terima kasih dan sebagainya.
  • Kata kunci (opsional), ini boleh diisi boleh tidak.
label
label

Label

Label dapat digunakan untuk memisahkan pesan dari pelanggan, menu ini berisi label:
  • Pelanggan baru (tombol biru)
  • Pesanan baru (tombol kuning)
  • Menunggu pembayaran (tombol merah)
  • Telah membayar (tombol ungu)
  • Pesanan selesai (tombol hijau)

Fitur Jangkau lebih banyak pelanggan:

Tautan pendek

Mengundang untuk chat melalui tautan atau kode QR.

Facebook & Instagram

Dengan fitur ini kita dapat menambahkan no WhatsApp ke akun Facebook dan Instagram, sehingga bisa langsung berkomunikasi dengan konsumen.

Itulah cara memanfaatkan WhatsApp Bisnis menjadi Toko Online.